Kumpulan Tips Bloger

Thursday, October 19, 2017

Sejarah Letusan Gunung Rinjani Dan Segara Anak

Segara anak merupakan kawah raksasa yg berada di puncak gunung rinjani lombok serta merupakan salah satu keindahan dari gunung rinjani yg harus kalian kunjungi. Gunung rinjani menjadi salah satu wisata favorit yg di miliki oleh pulau lombok dengan segala posana keindahan dari mulai mendaki hingga di puncak, kalian akan di buat terkagum-kagum oleh keindahan alam yg begitu mengagumkan serta mempesona. Tidak heran, jikalau setiap tahun gunung rinjani rutin ramai di kunjungi oleh wisatawan baik mancanegara serta lokal.
Salah satu letusan terdahsat di indonesia merupakan letusan gunung rinjani pada tahun 1257, sentra letusan berada pada gunung samalas yg merupakan tahap dari komplek gunung rinjani. Letusan ini di sebut sebagai letusan paling besar di bumi dalam 7000 tahun terbaru sebab berdampak global hingga eropa (kematian massal) serta menyebabkan kerusakan lingkungan di lombok, bali serta sumbawa  barat. Letusan ini merupakan cikal bakal terbentuknya kawah raksasa segara anak.

jadi, segara anak terbentuk oleh letusan gunung samalas yg merupakan tahap dari gunung rinjani. Selanjutnya pada tahun 1944 rinjani kembali begejolak walau sebetulnya aktivitas telah mulai terasa pada akhir tahun sebelumnya, aktivitas gunung semacam bunyi gemuruh, munculnya asap tebal hingga gempa telah mulai di rasakan pada akhir tahun 1943.

Aktivitas rinjani kembali terasa pada juni tahun 1994, bunyi gemuruh serta ledakan yg sangat kuat terdengar dari dalam kaldera rinjani, asap hitam tebal dengan tinggi 400 meter, hujan abu setebal 3mm serta tercatat menewaskan 20 orang. Aktivitas letusan rinjani semakin berjalan hingga awal bulan januari 1995.

Pada tahun 2009 gunung rinjani kembali meletus hingga menciptakan kawah baru di segi timur. Letusan di tandai bunyi dentuman lemah serta asap cokelat pekat mencapai satu kilometer, muntahan lava mengalir dari titik letusan di gunung barujari ke dalam danau segara anak serta menutupi area seluas 50.000 meter persegi. Gunung rinjani serta danau segarak anak akan rutin menjadi petualangan luar biasa untuk di jelajahi.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: