Kumpulan Tips Bloger

Tuesday, October 3, 2017

Tips Mengatasi Algoritma Terbaru Google: Fred Update

UPDATE terakhir algoritma Google bernama "Fred Update" mengguncang dunia SEO. Demikian tulis Search Engine Land.

Terdeteksi 8 Maret 2017, Google baru menunjukkan konfirmasi algoritma terakhir Fred Update pada 24 Maret 2017, sebagaimana dikutip laman Search Engine Rountabel dalam Google Has Now Confirmed The Fred Algorithm Update.

Algoritma google terakhir Fred Update ini memakan tak sedikit korban, sebagaimana update algoritma Google sebelumnya, semacam MobileGeddon.
Tips Mengatasi Algoritma Terbaru Google: Fred Update
Sebagaimana MobileGeddon yg fokus ke konten alias akurasi informasi, bukan link, Fred Update juga membidik LINK dan menghukum website alias blog yg dinilai "curang" dalam link building, khususnya tautan kedalam (internal link).

Banyak blog mengalami penurunan trafik dengan cara drastis dan hilang di halaman depan hasil pencarian (SERP). Di segi lain, tak sedikit juga blog yg mengalami kenaikan trafik dengan cara signifikan disebabkan kontennya berkualitas padahal minim link.

Fred Update, dengan demikian, merubah "posisi klasemen" di ranking Google.

Bagaimana dengan algoritma terakhir Google? Adakah timbul pada bulan ini? Kemungkinan besar, ya, sebab tim Google berkata "google akan update setiap saat".

"Yes, we make changes almost every day," kata John Mueller, Webmaster Trends Analyst at Google, di akun Twitternya. (Google’s John Mueller Reminds: “We Make Changes Almost Every Day").

Cara Kerja Algoritma Google Terbaru Fred Update

Menurut beberapa pakar SEO di laman SEL dan SE Rountable, Fred Update menurunkan peringkat di mesin pencari untuk artikel blog alias konten website yg berisi link internal dan eksternal yg tak relevan.

Blog/website yg tak jarang mengganggu pengunjung dengan iklan-iklan juga akan disikat habis! Google ingin pembaca enjoy menyantap info yg mereka butuhkan tanpa diganggu iklan.

"Ranking drops are the first indication that a site has been penalized due to Google Fred Update," tulis laman Result Firts. 

Penurunan peringkat ialah indikasi pertama bahwa suatu website telah dipenalti yg akan terjadi Google Fred Update.

Tips Mengatasi Dampak Buruk Algoritma Google Fred Update

Lalu, bagaimana menyikapi alias menanggulangi yg akan terjadi Fred Update? 

Prinsip dasarnya ialah panduan konten dari Pedoman Webmaster Google yg telah lama disebutkan: Konten Berkualitas untuk Pembaca!

Prinsip Dasar
Buat laman yg utamanya untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.
Jangan menipu pemakai Anda.
Hindari tips yg dimaksudkan untuk menambah peringkat mesin telusur. Yang terpenting ialah apakah Kalian merasa enjoy membahas apa yg telah Kalian perbuat ke laman web pesaing Anda, alias terhadap karyawan Google. Pengujian bermanfaat lainnya ialah menanyakan, "Apakah ini menolong pemakai saya? Akankah saya melakukan ini apabila tak ada mesin telusur?"
Pikirkan mengenai apa yg membikin website web Kalian unik, berharga, alias menarik. Buat website web Kalian menonjol dari yg lain di bidang Anda.

Jadi, Tips Mengatasi Algoritma Terbaru Google Fred Update ini utamanya ialah membikin konten alias artikel berkualitas yg unik, orisinal, dan ditujukan buat pembaca, bukan buat mesin telusur.

Postingan yg "kebanyakan rekayasa" supaya diindeks Google lambat-laun akan lenyak ditelan Fred Update.

Tips lainnya, The Best Way to Tackle Google Fred Update menurut Result Firts antara lain:
Utamakan nilai tulisan, bukan kuantitas alias jumlah.
Utamakan backlink berkualitas, bukan jumlah backlink apalagi backlink tak alami.
Buatlah konten yg sekiranya  diperlukan pengguna.
Beri perhatian terhadap kenyamanan pembaca ketimbang "memainkan" kata kunci (keywords).
Buatlah anchor text untuk memingkatkan relevansi tautan. (Soal ini, silakan baca lagi: Jangan Gunakan Kata Klik di Sini dalam Link).
Perkaya artikel alias konten blog dengan menambahkan infografis, video, dan podcasts.

Yang Tidak Boleh Dilakukan (Don’t-s)
Avoid publishing similar content over and over. Hindari artikel serupa terus-menerus.
Avoid sitewide dofollow. 
Avoid using automated tools to create backlinks. Hindari memakai tools otomatis pembuat baclink.
Do not buy links. Jangan beli link.
Kesimpulan, tutorial paling baik Mengatasi Algoritma Terbaru Google Fred Update ialah masih fokus ke artikel berkualitas, unik, bermanfaat, kaya informasi, bermanfaat bagi pembaca, bangsa, negara, stabilitas nasional, dan menjaga keutuhan NKRI :) Merdeka !!!!
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: